Do you know exactly where the heaven is?


Kamis, 22 April 2010

Kebebasan Keinginan

Ingin bebas...siapapun pasti merasa ingin bebas. Ingin bebas biasanya yang dimaksud adalah bebas melakukan sesuatu, bebas memiliki sesuatu, tanpa ada aturan yang mengikat atau kalau ga mau dibilang kasar "ga mau diatur sana-sini". Tetapi bebas-bebas ini adalah bebas yang lebih "mengharap akan", jadi mau-nya terhadap sesuatu, bebas memiliki keinginan. Keinginan memang macam-macam, asalkan tindakan bebas ini disertai dengan adanya tanggung jawab, menurut saya adalah sah-sah saja. Jadi bebas berkeinginan yang bertanggung jawab.
Tapi lain lagi dengan bebas yang satu ini, yang menurut saya masih sedikit orang yang memiliki rasa bebas seperti ini. Saya pun tidak bisa men-judge apakah pelaku kebebasan seperti ini layak positif diikuti atau tidak. yaitu bebas dari keinginan.
Jelas antara bebas memiliki keinginan dan bebas dari keinginan memiliki perbedaan makna prinsipil. Pikiran awam saya mendeskripsikan para pelaku kebebasan bebas dari keinginan ini adalah mereka yang luhur, tidak neko-neko, nerimo, merasa bersyukur, atau sifat-sifat yang biasanya dimiliki oleh orang alim, wali, sufi, biksu, atau gambaran orang suci lainnya.
Kalo saya mah, yang penting bebas yang bertanggung jawab, saya masih punya banyak keinginan, mimpi, rencana, tujuan, dan juga tanggungan :-)..hahaha...ya iyalah, tanggungan ini-itu. Karena banyaknya tanggungan saya jadi kepikiran banyaknya keinginan, di antaranya ya itu tadi saya jadi ingin merasakan kebebasan dari keinginan-keinginan..(???)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar